Inovasi ini bisa jadi membuat Oppo harus menempatkan layar transparan di atas lensa untuk memastikan transmisi cahaya yang optimal.

Oppo resmi memamerkan inovasi terbarunya yakni smartphone dengan kamera yang berada di bawah layar. Pengumuman ponsel USC (Under-Screen Camera) tersebut dilakukan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) Shanghai hari ini, Rabu, 26 Juni 2019.

Video teaser ponsel USC pun diunggah di laman Facebook Oppo, dengan mengusung jargon #MoreThanTheSeen. Dengan konsep USC, berarti bentang layar ponsel terlihat lebih lega tanpa lekukan.

Dalam video singkat tersebut, Oppo juga menampakkan rangkaian modul kamera selfie. Menurut laporan Tech Radar, inovasi ini bisa jadi membuat Oppo harus menempatkan layar transparan di atas lensa untuk memastikan transmisi cahaya yang optimal.

Kamera ini juga dinilai istimewa karena didesain dengan aperture, sensor, dan ukuran piksel yang besar untuk menghindari efek pembiasan cahaya.

Logika sederhananya, kamera menjepret gambar ketika cahaya mengenai sensor melalui optik. Akan tetapi, ketika ada bahan padat di atas lensa, kemungkinan hasil gambar akan cukup buram. Agar hal itu tak terjadi, Oppo mengatakan ada tiga algoritma yang dibekalkan pada ponsel USC untuk meningkatkan kinerja kamera.

Tiga algoritma itu disebutkan, White Balance untuk mengkalibrasi warna terhadap sumber cahaya, HDR yang berfungsi mengurangi sorotan berlebih dan meningkatkan kecerahan, serta algoritma penghapusan haze yang bekerja untuk mengatasi masalah bahan padat di atas lensa. Yang terakhir ini berfungsi untuk meningkatkan ketajaman gambar.