Terdapat dua strategi yang sangat ampuh untuk meraih profit dari pola grafik USDCAD terkini.

Sentimen yang masih berpihak pada kinerja positif perekonomian Amerika Serikat, nampaknya masih akan berlangsung panjang. Hal ini tentu saja akan berimbas pada pola gerak nilai tukar mata uang Dolar AS. Untuk dicatat, ulasan teknikal terkini sebelumnya telah menyimpulkan  posisi  indeks Dolar AS yang mungkin masih akan melanjutkan gerak naiknya hingga beberapa waktu ke depan.  Kesimpulan ini tentu saja seiring dengan sentimen yang sedang mendera di pasar uang internasional.

Imbasnya, tentu saja pelemahan yang akan dialami sejumlah mata uang utama dunia, termasuk Dolar Kanada. Pantauan terkini menunjukkan, setelah melakukan gerak naik tajam dan konsisten dalam 36 jam terakhir,  nilai tukar Dolar Kanada terhadap Dolar AS yang disimbolkan dengan USDCAD telah membentuk tren penguatan jangka pendek pada grafik H4. Terbentuknya tren penguatan jangka pendek ini, bila dikombinasikan pada grafik harian yang masih solid di fase ketiadaan tren akan memunculkan sebuah peluang trading yang sangat menguntungkan.

Untuk itu, berikut disajikan grafik H4 terkini USDCAD beserta sejumlah indikator teknikalnya dengan posisi terkini di 1,34576:

Tren penguatan baru terbentuk sekitar 6 jam yang lalu, di mana pola ini sangat penting untuk dipahami investor. Sekali lagi perlu ditekankan, grafik harian USDCAD yang masih  cukup  solid di fase ketiadaan tren. Terbentuknya tren penguatan di grafik H4 kini memunculkan peluang trading USDCAD yang sangat menarik dan menjanjikan keuntungan besar.

Ada setidaknya dua strategi utama untuk menangguk profit dari pola teknikal terkini USDCAD sebagaimana terlihat pada grafik di atas. Pertama adalah menentukan gerak ekstrim, di mana investor bisa melakukan aksi melawan tren (melakukan aksi short) ketika terjadi gerak ekstrim. Untuk saat ini gerak ekstrim akan terjadi bila USDCAD menyentuh kisaran 1,3490-an, kisaran ini diperoleh dari posisi titik P-Sar ditambah dengan 4 kali besaran range optimum (di mana untuk grafik H4 USDCAD kini sebesar 30 pip). Konsekuensi dari strategi ini adalah investor mesti membatasi besaran profit yang ditragetkan. Hal ini untuk mengantisipasi kemampuan tren penguatan grafik H4 menyeret grafik harian menuju tren penguatan. Target profit 30 hingga 60 pip sudah cukup layak untjk strategi ini.

Sementara  strategi berikutnya adalah dengan menantikan terbentuknya puncak kejenuhan tren penguatan di grafik H4. Hingga saat ini, pola teknikal yang tersedia masih belum memungkinkan untuk memperkirakan kapan puncak kejenuahn tren penguatan akan terjadi pada grafik H4 USDCAD. Oleh karenanya, investor perlu menunggu lebih lama (sekitar 24 jam ke depan) untuk memastikan puncak kejenuhan tren penguatan tersebut.  Menariknya, strategi yang lebih menuntut kesabaran ini justru  akan menghadirkan keuntungan yang lebih  besar. Target 70 hingga 140 pip sangat mungkin untuk dicapai dengan strategi ini. Titik ideal untuk melakukan aksi short dalam strategi terakhir ini hanya bisa ditentukan setelah puncak kejenuhan tren telah dekat.

Happy Trading.