Tekanan beli yang mendera saham PTPP terlihat masih cukup solid bila melihat serangkaian situasi teknikal yang tersedia.

Tepat seperti yang diperkirakan dalam ulasan teknikal edisi 5 April lalu, ketika tren pennguatan jangka menengah telah terbentuk, gerak harga saham PT  Pembangunan Perumahan Tbk., kembali menguat tajam di sesi perdagangan pagi awal pekan ini, Senin (15/4). Kenaikan tajam yang dibukukan di sesi pagi ini, sebesar 2,22% untuk berada di kisaran Rp2.300, bukanlah hal mengejutkan sebagaimana dimuat dalam ulasan teknikal edisi 5 April lalu. Namun bagi investor, tetap saja menarik untuk dibincangkan pola gerak saham yang diperdagangkan dengan kode PTPP ini. 

Untuk dicatat,  Tren beli yang terbentuk  pada sesi 22 Maret lalu masih berlaku hingga sesi perdagangan awal pekan ini. Dan gerak naik dalam rentang tajam yang terjadi pada sesi hari ini justru semakin mengukuhkan tren beli tersebut. Hal ini karena gerak naik tajam yang berlanjut akan  mengakibatkan terus terangkatnya indikator garis MA-Signal untuk semakin menjauh dari batas teknikal psikologisnya dan pada saat yang sama juga membuat semakin renggang dengan titik P-Sarnya.

Pada sesi perdagangan Kamis (4/4) lalu, gerak harga saham PTPP terpantau  membukukan penguatan tajam sebesar 4,69% untuk berakhir di kisaran Rp2.230 per lembarnya.  Sedangkan pada pagi ini, harga saham PTPP berakhir di kisaran Rp2.300 dengan pola gerak candle terlihat masih stabil di atas indikator garis MA-Signal.

Untuk lebih ringkasnya, berikut disajikan kembali grafik harian terkini  saham PTPP:

Situasi teknikal sebagaimana terlihat pada grafik di atas dengan jelas menunjukkan bahwa sikap optimis investor terhadap saham PTPP cukup besar. Jarak yang terentang antara  indikator titik P-Sar dengan garis MA-Signal yang masih merenggang telah dengan tegas mencerminkan bahwa tekanan beli masih menunggu hingga beberapa waktu ke depan.  Renggangnya jarak tersebut juga membawa konsekuensi bahwa masih belum bisa diperkirakan kapan kejenuhan tren penguatan akan dimulai  terlebih menemui puncak kejenuhannya.

Oleh karenanya investor kini mesti mengambil strategi trading yang tepat dalam memandang saham PTPP ini.  Sangat mungkin, pola gerak naik saham PTPP akan semakin menjulang  dengan diiringi sentimen dari gelaran pemilihan presiden yang akan berlangsung  dua hari  ke depan.  Bagi investor yang hendak melakukan aksi akumulasi terhadap saham ini,  saat ini merupakan momentum yang tepat untuk dilakukan, hanya saja akan lebih maksimal bila menantikan ter lebih dulu terjadinya gerak pullback guna memaksimalkan keuntungan dan sekaligus lebih mengamankan posisi.