Mahfud MD menyatakan, peringatan itu sudah disampaikan ke Romi pada Agustus 2018.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengaku sudah mengingatkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) sudah diendus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun peringatan itu tak digubris Romi.

Akhirnya, Ketua Fraksi PPP di DPR dan anggota Komisi Keuangan DPR itu pun terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat (15/3) kemarin. Romi ditangkap saat diduga sedang melakukan transaksi haram di Surabaya.

Mahfud MD menyatakan, peringatan itu sudah disampaikan ke Romi pada Agustus 2018. "Mereka tanya, Pak Mahfud kok tidak lapor? Untuk apa lapor, saya tahunya di KPK. Untuk apa lapor, KPK sudah tahu, rupanya tidak yakin dia. Kita tunggu proses hukumnya," jelas Mahfud.

Saat itu Mahfud bertemu dengan Rommy dan rekannya salah satunya Suharso Monoarfa. "Anda hati-hati lho dijejak KPK, terjejak KPK," kata Mahfud kepada Rommy saat itu.

Hal ini disampaikan Mahfud saat akan mengisi acara Seminar Nasional Kompleksitas Ideologi Pancasila di Era Milenial di Universitas Semarang (USM), Sabtu (16/3/2019).

Mahfud menilai, KPK sudah menjalankan tugas dengan benar. Dia pun berharap penangkapan Romi ini tak dikaitkan dengan politik.

"Jangan berspekulasi ini tindakan politik, ini murni hukum, kalau mau politik, siapa coba? Tidak mungkin ini operasinya Pak Prabowo, karena Pak Prabowo tidak bisa. Tidak mungkin permainannya Pak Jokowi, murni ini soal hukum, jangan kaitkan pilpres. Hukum harus ditegakkan, ada pilpres atau tidak ada pilpres, ini murni hukum. KPK tugasnya dengan tepat," tutup Mahfud.

Namun, akibat tidak menggubris peringatan itu, Romi kini harus berurusan dengan KPK. Dia ditangkap bersama lima orang lainnya di Surabaya.

KPK menyebut Rommy ditangkap terkait transaksi haram dalam pengisian jabatan di Kementerian Agama di pusat dan daerah.

Dalam kasus ini, KPK pun sudah menyegel ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama. Lukman diketahui juga merupakan kader PPP.

Baca juga:

Ini Kronologi Lengkap Penangkapan Romahurmuziy di Surabaya