peluang  lebih besar harga emas untuk mengalami tekanan jual bila terjadi kenaikan tajam akan sangat besar mengingat grafik harian masih menunjukkan tren jual.

Satu lagi peluang menarik untuk melakukan aksi trading jangka pendek, di mana kali ini harga emas menunjukkan perlawanan terhadap tren jual yang cukup signifikan. Sebagaimana terlihat dalam grafik H4 berikut, di mana tren jual telah terbentuk, namun gerak harga justru masih setia melakukan gerak positif.

Bila memeriksa grafik harian, gerak harga emas juga masih menunjukkan tren jual yang berlaku, meski mulai menuai perlawanan, namun masih membutuhkan gerak naik lanjutan sangat besar dan dalam waktu yang cukup untuk  sekedar mengakhiri tren jual yang masih berlaku.  Sementara serangkaian sentimen yang akan mewarnai gerak harga emas akan datang silih berganti,  mulai dari sentimen kemuraman perlambatan ekonomi global, hingga proses Brexit atau pun sentimen dari perundingan dagang AS-China yang hingga kini kembali masih membutuhkan waktu tamabahan untuk mencapai kesepakatan akhir.  Untuk dicatat, saat ulasan ini disunting, gerak harga emas tercatat masih stabil di kisaran $1.302 per Ounce, dan berikut adalah grafik H4 beserta sejumlah indikator teknikalnya:

Akibat dari gerak turun yang cukup cepat dan curam, indikator garis MA-Signal akhirnya agak terlambat dalam membentuk tren jual jangka pendek. Namun demikian tren jual yang terbentuk masih tetap berlaku  dan cukup solid. Anacaman terhadap tren jual datang bila harga emas mampu bergerak konsisten di atas titik kritis di  kisaran $ 1.303 per Ounce dalam kurun 24 jam sesi perdagangan. Sementara kisaran  harga yang terjadi saat ini di $1.302 per  Ounce menunjukkan peluang berakhirnya tren  jual di grafik H4 cukup terbuka.

Namun persoalan teknikal lainnya muncul akibat tren jual di grafik harian yang masih berlaku, meski tidak terlalu solid.  Harga emas dengan demikian masih dalam persimpangan  untuk menentukan arah gerak  hingga beberapa hari sesi perdagangan ke depan.   Dalam situasi penentuan arah gerak tersebut, peluang  lebih besar untuk mengalami tekanan jual bila terjadi kenaikan tajam akan sangat besar mengingat grafik harian masih menunjukkan tren jual.

Setiap gerak naik, terlebih dalam kisaran tajam, hampir bisa dipastikan akan menuai perlawanan setara untuk setidaknya menembus level psikologisnya di kisaran $1.300-an per Ounce.  Investor yang berminat  melakukan aksi trading  jangka pendek pada komoditas emas kini perlu memperhatiakn titik kritis di atas.