situasi teknikal demikian mengindikasikan bahwa  tren beli di grafik H4 untuk saat ini sangat sulit untuk bisa menyeret grafik harian ke dalam tren penguatan.

Sementara grafik harian menunjukkan fase ketiadaan tren yang masih kukuh, grafik H4 EURJPY terlihat telah  cukup lama menjalani tren beli jangka pendek yang mengesankan. Tren beli di grafik H4, untuk sebagian investor bahkan kini mulai dicurigai untuk mampu menyeret grafik harian ke dalam tren penguatan yang sama. Namun mungkinkah hal itu untuk saat ini?

Sementara serangkaian sentimen terkini menunjukkan kebijakan bank sentral Jepang yang berambisi mendorong Yen lebih melemah lagi, di mana hal ini akan semakin mengangkat EURJPY, pelaku pasar akan terjebak dalam kebingungan dalam memperkirakan arah gerak EURJPY ke depan. Analisa teknikal degan demikian kini menjadi andalan yang sanga dibutuhkan, dan oleh karenanya berikut disajikan grafik H4 EURJPY yang menarik dalam kaca pandang teknikal:

Setelah disepakati  dengan penuh keyakinkan bahwa grafik harian EURJPY masih kukuh dalam fase ketiadaan tren, grafik H4 di atas menyajikan peluang yang menarik. Tren beli yang terbentuk sejak 12 Maret lalu dan masih bertahan hingga kini. Tren beli yang terbentuk terlihat sangat solid, hingga mampu melanjutkan gerak naik EURJPY dalam taraf yang cukup signifikan.

Peluang menjadi menarik ketika terlihat mulai terbentuknya polla kejenuhan tren beli yang ditunjukkan dengan kompresi antara indikator MA-Signal dengan titik P-Sar. Dengan melalkukan kalkulasi sederhana, kompresi antara dua indikator tersebut diperkirakan mencapai puncaknya pada hari kedua  pekan depan. Bila puncak kompresi terjadi, maka daya beli dengan sendirinya mulai kehabisan tenaga, meski tidak serta-merta gerak EURJPY berbalik turun. Tetapi telah jelas, situasi teknikal demikian mengindikasikan bahwa  tren beli di grafik H4 untuk saat ini sangat sulit untuk bisa menyeret grafikharian ke dalam tren penguatan.

Mengambil open short position dalam situasi teknikal demikian telah cukup dan bahkan sangat aman.  Berapa kisaran ideal untuk melakukan aksi short? Hal ini bergantung dengan situasi dua hari sesi perdagangan ke depan, namun untuk sementara patokan yang cukup aman ada di titik tertinggi sebelumnya di kisaran 126,60-an. Sekali lagi perlu ditekankan, kisaran ideal ini bisa berubah bergantung pola gerak dalam dua hari sesi perdagangan ke depan.

Sedangkan untuk besaran target profit yang perlu diambil, standarnya adalah sebesar minimal dua kali range optimum yang untuk grafik H4  saat ini sekitar 70 pip.

Happy Trading.