puncak kejenuhan tren beli yang terjadi di grafik H4 pada sesi perdagangan kemarin malam waktu Indonesia barat telah  terjadi sebagaimana diperkirakan.

Gerak nilai tukar mata uang Euro terhadap Dolar AS yang disimbolkan EURUSD terlihat masih belum juga melakukan gerak turun curam sebagaimana diperkirakan dalam ulasan yang dimuat edisi kemarin.  Pantauan terkini menunjukkan, puncak kejenuhan tren beli yang terjadi di grafik H4 pada sesi perdagangan kemarin malam waktu Indonesia barat telah  terjadi sebagaimana diperkirakan.

Namun setelah puncak kejenuhan tren beli terjadi, EURUSD  terlihat masih enggan untuk mengakhiri tren beli tersebut. Serangkaian sentimen terkini menjadi latar pola gerak demikian, namun dalam tinjauan teknikal, hal semacam ini merupakan polla yang lumrah dan justru menjadi seni  tersendiri dalam memahami pola grafik yang semakin menarik.   Tinjauan teknikal terkini  menunjukkan, posisi titik  P-Sar yang kini telah beralih ke atas candle, di mana hal ini bisa dijadikan pentujuk bahwa tekanan jual mulai tumbuh di grafik H4.

Untuk lebih ringkasnya, berikut kembali disajikan grafik H4 EURUSD, sementara grafik harian terlihat masih kukuh dengan tren jual:

Dengan jelas terlihat, EURUSD membutuhkan gerak konsisten di bawah 1,1303 secara konsisten selama 36 jam untuk mengakhiri tren beli yang hingga kini masih berlaku di grafik H4. Berakhirnya tren beli grafik H4 akan dengan sendirinya dengan mudah menyeret lebih lanjut untuk seirama dengan tren jual yang kini sedang  berlaku di grafik harian.

Namun satu hal yang perlu ditekankan pada pelaku pasar yang sedang berminat melakukan trading pada EURUSD, perlunya memperhatikan titik kritis di grafik harian, di mana saat ini berada di kisaran 1,1290. Bila dalam tiga hari sesi perdagangan ke depan EURUSD ternyata masih mampu bertahan di atas kisaran 1,1290, maka tren jual grafik harian akan berakhir dan sekaligus memasuki fase ketiadaan tren. Apa bila hal ini terjadi sementara pada grafik H4 belum juga mampu mengakhiri tren beli janghka pendek, maka EURUSD akan tetap solid di fase ketiadaan tren.

Untuk diingat konsekuensi teknikal bagi fase ketiadaan tren adalah gerak perlawanan yang setara akan dengan mudah dan segera terjadi bila gerak naik atau pun turun tajam mendera.  Dengan serangkaian pemahaman teknikal baik di grafik H4 maupun harian, langkah open position short kini sangat aman untuk dilakukan.  Kisaran 1,1335 adalah titik yang sudah cukup aman untuk dilakukan short. Sedangkan besaran target profit, penentuannya akan bergantung pada pola grafik terkini nantinya, namun secara garis besar, besaran target profit 40 pip sudah memadai dan setara dengan situasi teknikal terkini.

Happy trading.