Dokter Lo masuk rumah sakit sudah sejak tiga hari lalu

Masih ingat sosok dokter Lo Siauw Ging (84)? Ada kabar kurang menggembirakan mengenai dirinya.

Dokter senior di Kota Solo dikenal dermawan karena sering menggratiskan pasiennya itu kini sedang terbaring sakit. Kabarnya, sejak tiga hari terakhir dokter Lo dirawat intensif di Ruang VIP Amarta 6 Rumah Sakit Kasih Ibu, Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Dyah Pitaloka Putri, salah satu dokter yang menangani dokter Lo mengatakan, rumah sakit menyiapkan dokter spesialis paru-paru dan jantung. Yakni dirinya yang merupakan spesialis paru-paru dan Novita Cahyani Ngasih spesialis penyakit jantung.

"Dokter Lo masuk rumah sakit sudah sejak tiga hari lalu. Beliau dirawat sejak Senin 4 Maret 2019 sore. Dia mengeluh rasa tidak nyaman di dada, batuk berdahak," ujar Dyah Pitaloka Putri kepada wartawan.

Dyah menuturkan, pada Senin 4 Maret 2019 pagi, dokter Lo masih praktik di RS Kasih Ibu dan melayani pasien di poliklinik umum. Meski muncul keringat dingin, Dyah memastikan kondisinya sudah membaik dan lebih stabil.

"Kondisi beliau sudah baik, sudah bisa makan dan berkomunikasi seperti biasanya," jelasnya.

Lo Siauw Ging, bisa dikatakan dokter langka di Indonesia. Selain tidak pernah menentukan tarif untuk pasien, tak sedikit pasien yang digratiskan mulai dari biaya konsultasi maupun obat.

Di usianya yang sudah senja, dokter Lo masih melayani pasien rata-rata 60 orang setiap harinya. Biasanya mereka datang ke tempat praktik di kediamannya di Jagalan, Jebres, Solo. 

Semoga lekas sembuh dokter!

Baca juga:
Kisah Hidup Dokter Lo Penolong Warga Miskin yang Sakit dan Petuah Sang Ayah