investor masih perlu beberapa hari sesi perdagangan lagi untuk memastikan dan memperkirakan kejenuhan tren pelemahan.

Usai serangkaian rilis data perekonomian Eropa yang terpuruk sejak akhir Januari lalu, gerak nilai tukar mata uang Euro terpantau melemah secara konsisten hingga kini. Sementara serangkaian sentimen lain masih datang silih berganti, gerak melemah Euro terhadap Dolar AS yang disimbolkan EURUSD terus berlangsung tanpa menemui perlawanan berarti hingga sekarang.

Posisi terkini EURUSD saat  ulasan ini diedit berada di 1,1270-an setelah sempat menyentuh titik terendahnya di 1,1267. Sentimen yang silih berganti  serta agenda rilis data perekonomian yang masih belum pasti arahnya, tentu akan membuat keraguan bagi investor dalam mengambil keputusan terhadap EURUSD.

Sementara pada grafik harian (D1) EURUSD masih kukuh di fase konsolidasi, akan lebih menarik untuk memeriksa grafik terkini dengan time frame H4 untuk memperoleh gambaran dan prospek EURUSD:

Apabila EURUSD mampu bertahan di kisaran sekarang, 1,1280-an hingga sesi perdagangan besok, maka grafik harian akan membentuk tren pelemahan jangka menengah. Namun tren pelemahan yang terbentuk berpotensi sangaty berisiko untuk segera termentalkan mengingat pada grafik dengan time frame H4 sebagaimana terlihat di atas pola kejenuhan tren pelemahan  mulai terlihat.

Sementara indikator garis MA-Signal dengan batas teknikal psikologisnya masih relatif merenggang dan belum menemui tanda kompresi, tren pelemahan di grafik H4 memang terlihat masih solid. Namun dengan sempitnya jarak yang terentang antara  garis MA-Signal dengan titik P-Sar membuat tren pelemahan yang terjadi berpotensi untuk segera rapuh. Hal ini masih ditambah dengan rentang gerak EURUSD yang terlihat semakin terbatas dalam 20 jam terakhir.

Sekalipun demikian, untuk memperkirakan puncak kejenuhan tren masih terlalu sulit dengan pola tiga indikator di atas. Untuk itu, investor masih perlu beberapa hari sesi perdagangan lagi untuk memastikan dan memperkirakan kejenuhan tren pelemahan. Langkah paling aman bagi investor adalah dengan menantikan garis MA-Signal menembus ke atas batas teknikal psikologisnya untuk memastikan bahwa tren pelemahan grafik H4 telah berakhir.

Namun apabila kejenuhan tren di H4 terjadi sementara di saat bersamaan grafik harian membentuk tren pelemahan, maka  tren pelemahan di grafik harian akan dengan mudah dan cepat terbatalkan. Investor akan diuntungkan di sini bila menangkap dengan cepat dengan melakukan open long position.