Harga avtur bisa turun dua kali dalam satu bulan.

Diretur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memastikan pihaknya bakal menurunkan harga avtur. Penyesuaian harga ini akan didasarkan pada Keputusan Menteri ESDM Nomor 17 K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.

"Penurunan harga avtur akan dirilis dalam waktu dekat," kata Nicke seperti dikutip dari beritasatu.com, Selasa (12/2/2019).

Keputusan Menteri ESDM ini berlaku sejak 1 Februari 2019 dan diteken Menteri ESDM Ignasius Jonan. Formula ini menjadi dasar badan usaha dalam menjual avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara. Dalam aturan ini, ditetapkan batas atas margin sebesar 10 persen dari harga dasar.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra menambahkan, dengan adanya formula ini, maka pertamina bisa melakukan evaluasi harga avtur dua kali dalam sebulan. "Tergantung dinamika harganya nanti berapa, aturannya kan bisa mengalami perubahan dua kali sebulan," ujar Basuki.

Adapun, lanjutnya, ia mengklaim, selama ini Pertamina selalu menjual avtur di bawah batas harga yang dipatok.

"Kan sudah ada formulanya, sudah dikasih patokan, ya kami ikut saja sama harga patokan, sepanjang tidak melebihi harga patokannya ya tidak apa kan? Selama ini harga avturnya masih di bawah," pungkas Basuki.

Mengutip Kepmen tersebut, formula harga dasar perhitungan harga jual eceran avtur ditetapkan berdasarkan biaya perolehan, biaya penyimpanan dan distribusi, serta margin dengan batas atas Mean of Platts Singapore (MOPS) + Rp 3.581/Liter+ Margin (10% dari harga dasar).

MOPS merupakan bagian biaya perolehan atas penyediaan avtur dari produksi kilang dalam negeri dan/atau impor sampai dengan depot. MOPS dihitung dengan formula menggunakan rata-rata harga publikasi MOPS dengan satuan US$/barel periode tanggal 25 pada 2 bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 24 satu bulan sebelumnya.

MOPS jenis avtur didasarkan harga publikasi MOPS dengan formula 100% dikalikan MOPS Jet Kerosene.

Penghitungan konversi MOPS satuan US$/barel menjadi rupiah/liter menggunakan rata-rata nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dengan kurs tengah Bank Indonesia (BI) periode tanggal 25 pada dua bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 24 satu bulan sebelumnya.

Selanjutnya, satuan barel ke satuan liter adalah sebesar satu barel sama dengan 159 liter.