Pelaku  pasar di Asia nampaknya sedang bertaruh dengan perkembangan sentimen terkini dari berbagai bidang.

Sesi perdagangan pagi di hari kedua pekan ini, Selasa 12 Februari 2019 berhasil diawali dengan gerak positif yang cukup signifikan. Tiga indeks di bursa saham utama Asia dilaporkan melakukan gerak naik tajam menyusul serangkaian perkembangan sentimen terkini. Indeks Nikkai (Jepang) terpantau menguat tajam 1,57% untuk menjangkau kisaran 20.652,1, sementara indeks ASX 200 (Australia) melonjak 0,42% untuk meraih kisaran 6.086,00.

Sedangkan indeks KOSPI (Korea Selatan) tercatat menguat 0,51% untuk berada di posisi 2.191,87. Gerak menguat dalam kisaran yang  signifikan ini agak mengejutkan setelah dalam sesi perdagangan sebelumnya di bursa Wall Street, gerak indeks hanya mampu beranjak tipis. Bahkan pada indeks DJIA tercatat menurun moderat 0,25%.  Pelaku  pasar di Asia nampaknya sedang bertaruh dengan perkembangan sentimen terkini dari berbagai bidang.

Namun kabar terkini datang dari Washington, di mana tim penasehat presiden AS yang sedang melalukan diskusi informal untuk menghelat pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan presiden China Xi Jinping bulan depan.  Pertemuan disebutkan akan diadakan di tempat pribadi Trump di Mar-a-Lago, Florida. Laporan juga menyatakan bahwa pertemuan itu akan dihelat pada pertengahan Maret mendatang.

Kontan laporan ini menjadikan investor menemukan kabar penyeimbang untuk melakukan gerak positif, setelah sebelumnya Presiden Trump menyatakan bahwa pihaknya tidak akan melakukan pertemuan dengan pemimpin China hingga batas waktu perundingan dagang berakhir.

Dengan bekal sentimen terkini yang mencoba untuk beralih optimis di bursa Asia, pasar saham di Jakarta juga diperkirakan akan mendapatkan bekal positif dalam membuka sesi perdagangan beberapa menit ke depan. Terlebih pada sesi perdagangan kemarin, gerak indeks harga saham gabungan (IHSG) yang akhirnya  ditutup di zona pelemahan moderat usai konsisten di zona merah.

Sekalipun demikian, masih terlalu sulit untuk mengharapkan gerak IHSG melakukan kenaikan tajam di sesi hari ini.  Hanya sentimen internal atau pun domestik yang positif yang mampu memaksa IHSG untuk melakukan gerak tajam dan sekaligus menembus level psikologis barunya di kisaran 6.600-an sebagaimana telah diharapkan banyak pihak.