Mungkinkah masih ada jembatan kabel lain di desa itu yang belum tersentuh pembangunan?

PRESIDEN Joko Widodo mengunggah sebuah foto jembatan gantung yang telah selesai dibangun oleh pemerintah sebagai pengganti jembatan kabel yang sebelumnya dipakai warga untuk menyeberang di desa Sikundo, di pedalaman Aceh Barat, Provinsi Aceh.

“Ini Jembatan Gantung Desa Sikundo, Aceh Barat yang selesai tahun 2018, menggantikan titian kabel yang biasa digunakan warga. Pemerintah melalui @KemenPU telah membangun 164 jembatan gantung di seluruh Indonesia sepanjang 2015-2018. Tahun 2019 dibangun 166 jembatan gantung lagi,” tulis Presiden Jokowi di akun Twitternya pada, Senin sore, 11 Februari 2019.

Foto yang diunggah di akun Presiden Jokowi ini menjadi menarik. Sebab, sebelumnya jembatan tali kabel itu menjadi kontroversi di Aceh.

Jembatan Sikundo itu mencuat setelah beberapa media melaporkan tentang warga yang melintasi tali kabel untuk menyeberang. Termasuk perempuan dan anak-anak.

Salah satunya adalah foto-foto yang dimuat oleh kantor berita China, Xinhua pada 3 Februari 2019. Disebutkan, foto itu diambil tanggal 2 Februari 2019. Ada tiga foto yang menampilkan para perempuan berjalan dengan meniti tali kabel. Di bawahnya, air sungai mengalir deras.

Setelah menjadi perbincangan khalayak, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan jembatan gantung di desa Sikundo telah selesai dibangun.

Namun, sejumlah wartawan bersaksi bahwa di sana masih ada jembatan kabel yang dipakai warga untuk melintas.

Mungkinkah masih ada jembatan kabel lain di desa itu yang belum tersentuh pembangunan? []