Penyesuaian ini dilakukan setiap 2 tahun berdasarkan laju inflasi.

Bagi Anda yang biasa melintas di ruas Tol Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), kini harus membayar lebih mahal. Sebab, Jasa Marga akan menaikkan tarif tol ini mulai Kamis (14/2) mendatang.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, penyesuaian ini sesuai dengan Undang-undang 38 Tahun 2004 tentang Jalan di mana penyesuain tarif dilakukan 2 tahun sekali sesuai dengan laju inflasi.

Subati menjelaskan, untuk Golongan I, naik dari Rp 7.000 menjadi Rp 7.500 atau sebanyak Rp 500. "Sementara untuk Golongan II naik menjadi Rp 10 ribu dan Golongan III naik menjadi Rp 10 ribu," kata Subakti di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Sedangkan untuk Golongan IV dan V tarifnya menjadi Rp 11.000. "(Berlaku) Tanggal 14 Februari hari Kamis jam 00.00," tambahnya.

Sebelumnya, Corporate Secretary Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, penyesuaian ini dilakukan setiap 2 tahun berdasarkan laju inflasi.

Dia menuturkan, penyesuaian tarif ini juga memenuhi pelayanan standar pelayanan minimum (SPM). "Kenaikan sesuai laju inflasi 2 tahun terakhir. SPM telah dipenuhi sesuai ketentuan," kata Agus.