Berikut adalah filosofi hidup dan quote menginspirasi dari Eka Tjipta Widjaja, pendiri konglomerasi Sinarmas

Konglomerat pendiri Sinarmas Grup Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Sabtu malam 26 Januari 2019 dikenal sebagai sosok rendah hati dan peduli terhadap sesama.

"Beliau itu orangnya sangat humble dan rendah hati, sesuai dengan ideologi beliau. Beliau itu menyebarkan ajaran bahwa orang harus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, baik itu keluarga dan masyarakat sekeliling," kata Juru Bicara Sinar Mas Gandi Sulistyanto di Rumah Duka Sentosa, Jakarta, Minggu, 27 Januari 2019. 

Gandi menyebutkan, ajaran itu  dituangkan  Eka Tjipta Widjaja dalam 6 filosofi yang diwariskan kepada bawahannya di Sinarmas. Diantaranya, Integritas, Sikap Positif, Berkomitmen, Perbaikan Berkelanjutan, Inovatif, dan Loyal.

"Filosofi jujur, menjaga kredibilitas, dan bertanggung jawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan maupun terhadap sosial menjadi kompas hidupnya, yang kemudian bermetamorfosis menjadi nilai-nilai luhur Sinarmas," kata Gandi. 

">">">">

Dengan filosofi itu, Eka Tjipta yang berasal dari sebuah keluarga miskin di China dan bermigrasi ke Makassar pada 1932, jatuh bangun membesarkan kerajaan bisnisnya di Indonesia sejak 1938, saat usianya masih 15 tahun. Berkali-kali bangkrut, lelaki tamatan SD itu bangkit lagi hingga bisa menjadi salah satu orang terkaya Indonesia hingga akhir hayatnya dengan mewariskan kekayaan senilai Rp121 triliun menurut majalah Forbes Desember 2018

Berikut adalah quote Eka Tjipta Widjaja yang dikutip dari akun Twitter Sinarmas Sekuritas.

1. Hemat, tapi Beramal



 


2. Hargailah Waktu


3. Jangan Menyerah


4. Bahagia berbagi tak tergantikan