Ada dua parameter agar suatu daerah dapat dipilih untuk melaksanakan IKKON. Yaitu keinginan daerah tersebut dan survey ke daerah yang memiliki potensi wisata dan ruang yang bisa dikembangkan.

Wawancara Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengenai program IKKON-TOL ramai diperbincangkan. Namun, ternyata belum banyak yang tahu program ini telah digagas Bekraf sejak 2016 ini.

"Itu program IKKON atau Inovasi, Kreativitas, Kolaborasi Nusantara khusus untuk daerah-daerah yang dilewati tol, yang secara spontan pada saat wawancara itu saya kasih istilah IKKON-TOL," kata Triawan Munaf.

Dikutip dari laman Bekraf, IKKON merupakan sebuah program yang menempatkan sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu daerah-daerah mengembangkan potensi yang sudah ada.

Daerah yang terpilih pada IKKON mendapatkan exposure dan nilai tambah kekinian, antara lain pada bidang pemasaran dan promosi. Bekraf bertugas memoles dan menghargai potensi daerah yang beragam sehingga manfaat IKKON bisa dirasakan.

Ada dua parameter agar suatu daerah dapat dipilih untuk melaksanakan IKKON. Yaitu keinginan daerah tersebut dan survey ke daerah yang memiliki potensi wisata dan ruang yang bisa dikembangkan.

Dalam pelaksanaannya, diharapkan para peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi, sehingga masing-masing pihak yang terlibat saling mendapat manfaat secara etis (ethical benefit sharing) berkelanjutan.

Mengenai IKKON-TOL, lanjut Triawan, adalah program memanfaatkan jalan tol untuk pemasaran produk-produk ekonomi kreatif berkualitas dari daerah-daerah yang dilintasi jalan tol seperti Trans Jawa. Dengan demikian, keberadaan Infrastruktur jalan tol selain melancarkan perjalanan antar kota dan wilayah juga dapat berkontribusi positif kepada kesejahteraan masyarakat setempat.

Setelah IKKON-TOL yang disebut Triawan itu viral di masyarakat, belakangan ia berpikir untuk mengubah nama program tersebut. "Mungkin akan lebih tepat diberi nama IKKON Jalan Tol," ujar dia.