Panitia Seleksi (Pansel) BPJS Kesehatan telah berhasil merampungkan tahapan pertama seleksi anggota dewan pengawas maupun direksi BPJS Kesehatan.

Sekitar 184 pendaftar dari berbagai elemen berhasil lolos tahap seleksi administrasi, sesuai pengumuman bernomor 05/Pengumuman/PANSEL/BPJS-K/X/2020. Mereka akan kembali diundang untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Siapa saja calon anggota dewan pengawas maupun direksi BPJS Kesehatan?

Berdasarkan pengumuman tersebut dikutip CNBC, ada sejumlah nama yang tak asing dari 184 pendaftar yang lolos tahap seleksi awal. Pertama, yaitu eks Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Selain itu, ada pula nama Arie Zakaria yang saat ini berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pertahanan, hingga Hakim Ad Hoc, Mahkamah Agung Pengadilan Negeri Medan Hamzah Lubis.

Menariknya, ada nama Okky Asokawati Padmodimuljo yang bersatus wiraswasta. Okky merupakan bekas bintang iklan dan peragawati yang akhirnya terjun ke dunia politik. Ia pernah menjadi anggota Komisi IX periode 2019 - 2014.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu secara resmi membentuk panitia seleksi (pansel) calon anggota dewan pengawas dan dewan direksi BPJS Kesehatan.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) 97/P/2020 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Dewan Direksi BPJS Kesehatan.