Sejak dulu hingga kini, rumah adalah kebutuhan utama bagi masyarakat. Namun, karena tingginya harga membuat sebagian orang memilih untuk tinggal di rumah kontrakan. Banyak pertimbangan sebelum memutuskan membeli hunian tersebut. Apalagi saat ini, ada pandemi COVID-19 yang berdampak kepada lesunya perekonomian. Banyak industri atau pabrik dan bisnis yang terpaksa gulung tikar.

Berdasarkan Survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2020, sebanyak 85 persen responden menyatakan, lokasi adalah faktor utama yang dipertimbangkan ketika akan membeli hunian.

Sebanyak 47 persen responden menginginkan hunian yang memiliki kedekatan dengan fasilitas transportasi umum, dan 47 persen responden ingin rumah yang memiliki waktu tempuh 5 hingga 10 menit menuju sarana transportasi umum.    

Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengatakan, berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index kuartal III-2020, hunian di kawasan Tangerang Selatan memang tercatat memiliki harga paling tinggi di kawasan pinggiran Jakarta. Median harga rumah tapak di Tangerang Selatan adalah Rp17,8 juta per meter persegi.

Hasil survei ini juga mencatat, kawasan Bogor adalah salah satu wilayah yang banyak diincar oleh pembeli dari kalangan menengah dan menengah bawah di wilayah penyangga Jakarta karena harganya relatif rendah, namun memiliki sarana transportasi yang lebih memadai dan lebih beragam. Median harga rumah tapak di kawasan Bogor mencapai Rp8,7 juta per meter persegi.

"Data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) ini memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya," kata Marine di Jakarta, Minggu (27/9/2020).

Marine bercerita, dalam membeli rumah membutuhkan bekal kegigihan banyak dari keluarga muda yang mampu membeli rumah. Marine memberi contoh pasangan keluarga muda Bagus Raharjo Hariputro dan Anggita Jogi Hutabarat dengan modal kegigihan dan tak pantang menyerah berhasil mengantarkan mereka memiliki rumah yang berlokasi di Perumahan Serpong Terrace, Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangerang Selatan. "Keluarga muda ini membeli di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan, karena selain sudah merasa familiar dengan daerah tersebut. Juga dekat dengan Stasiun Rawa Buntu,” jelas Marine.