Presiden RI Joko Widodo diagendakan akan menghadiri Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 secara virtual. Bahkan, Jokowi akan memberikan pidato di 23 September nanti.

"Sesi General Debate SMU PBB yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-29 September 2020, Insya Allah, Bapak Presiden akan berpartisipasi pada sesi ini dan akan menyampaikan statement secara virtual," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dikutip Jumat (19/9/2020).

"Kemungkinan, waktu penyampaian pidato Bapak Presiden diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 23 September 2020 pukul 07.30 pagi waktu," tambahnya.

Selain Jokowi, sejumlah menteri juga akan menyampaikan pidato melalui virtual. Retno mengatakan selain dirinya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga akan memberikan pernyataan virtual.

Menurutnya penanganan terhadap Covid akan jadi bahasan RI. Termasuk mendorong kerja sama global dalam penanganan pandemi di sektor kesehatan dan ekonomi.

Khusus untuk pertemuan fisik, RI hanya akan diwakili Duta Besar atau Wakil Tetap di PBB diplomat yang bertugas pada Perutusan Tetap RI untuk PBB. Delegasi lainnya akan mengikuti rangkaian Pertemuan High Level Week SMU PBB virtual.

Sebelumnya dalam sidang umum PBB sebelumnya RI kerap diwakili Wakil Presiden 2014-2019 Jusuf Kalla.