Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan industri e-commerce di tanah air.

Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional digelar serentak pada 12 Desember 2018. Pada hari ini, berbagai e-commerce berlomba-lomba memanjakan penggila belanja online dengan tawaran diskon dan promo yang menggiurkan.

Biasanya para penggila belanja online akan memanfaatkan Hari 1212 ini untuk belanja gila-gilaan. Sebab, pada hari itu seluruh e-commerce menawarkan diskon dan promo besar-besaran.

Namun, apakah Anda mengetahui asal usul Harbolnas yang 'dirayakan' setiap 12 Desember itu?

Dikutip dari laman Harbolnas, kegiatan ini pertama kali dilakukan pada 2012. Saat itu, ada enam situs e-commerce yang bersatu membuat sebuah hari khusus untuk memberikan promo diskon kepada pelanggannya. Enam e-commerce itu adalah Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

">

Mereka sepakat untuk menggelar Harbolnas ini pada 12 Desember 2012. Sebab, tanggal 121212 lebih mudah diingat oleh masyarakat. Tujuannya adalah ingin mengedukasi masyarakat agar mulai terbiasa berbelanja online, tidak perlu takut lagi akan ditipu dan dibohongi karena mereka memberi jaminan. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan industri e-commerce di tanah air.

Dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media, Harbolnas 121212 pun sukses luar biasa saat itu.

Pada perayaan keduanya tahun 2013, jumlah e-commerce yang ikut serta bertambah menjadi 22. Kemudian pada Habrolnas 2014, sebanyak 78 e-commerce ikut serta berpartisipasi.

Menginjak penyelenggaraan ke-7, Harbolnas kini sudah diikuti lebih dari 300 e-commerce. Promo yang ditawarkan pun makin gila-gilaan, seperti gratis ongkos kirim, cashback, hingga diskon sampai 95 persen.

"Seluruh katagori produk itu akan dipasarkan melalui lebih dari 300 e-Commerce peserta Harbolnas 2018 yang pada tahun ini mengangkat tema 'Belanja untuk Bangsa',” kata Ketua Panitia Harbolnas, Indra Yonathan, di Jakarta, Rabu 5 Desember 2018.

Meski demikian, Anda harus hati-hati saat berbelanja online di Harbolnas. Sehingga tidak tertipu dengan tawaran tipu-tipu dari e-commerce nakal.

Baca juga: Tips Hindari Diskon Tipu-tipu Saat Harbolnas.