Sejak didirikan, Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh dan memiliki jiwa dan karakter kepedulian terhadap sesama. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka yang digelar dengan protokol kesehatan ketat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8/2020). 

"Tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar untuk menghadapi setiap rintangan, selalu peduli, siap berkorban untuk sesama," ujar Presiden. 

Lebih jauh disampaikannya, jiwa kepedulian yang dimiliki anak-anak Pramuka sangat dibutuhkan di era pandemi Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 seperti sekarang ini.

"Di era pandemi COVID-19 yang berat sekarang ini, jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, pandemi COVID-19 mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Sehingga kata Jokowi, saat ini dibutuhkan karakter kepedulian dan gotong royong terhadap sesama.

"Kita harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama kita harus saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama," ujar Jokowi.

Kepala Negara meyakini jika masyarakat menerapkan kedisplinan dan kepedulian, penyebaran COVID-19 bisa dikendalikan.

"Jika gerakan kedisiplinan dan kepedulian ini terus kita jalankan, insyaAllah kita bisa menghambat penyebaran COVID," katanya.