Perkumpulan Pertiwi Indonesia menyalurkan 500 paket sembako kepada warga lanjut usia (lansia) di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Senin (10/08/2020).

Pademi COVID-19 yang terjadi saat ini dirasakan semakin mengganggu kondisi perekonomian masyarakat tak terkecuali warga di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Untuk itu, perkumpulan Pertiwi Indonesia memprioritaskan penyaluran bantuan terhadap warga lansia terdampak COVID-19.

"Kampung kami mayoritas penduduknya nelayan. Saat ini masyarakat betul-betul butuh bantuan karena banyak yang takut keluar rumah sejak pandemi COVID-19 merebak," kata Kepala Kampung, Supriyadi.

"Sebanyak 715  kepala keluarga terpaksa hidup prihatin karena tidak ada penghasilan. Kalaupun ada, penghasilan warga di sini sangat minim," tambah Supriyadi.

Sementara Penasehat Pertiwi Indonesia, Happy Djarot mengatakan, berdasarkan informasi di lapangan, pihaknya menerima laporan bahwa masih banyak warga DKI Jakarta yang belum mendapat bantuan.

Kebanyakan warga yang belum menerima bantuan terutama mereka yang tinggal di daerah pinggiran, seperti warga Kepulauan Seribu. "Oleh karena itu kami kirimkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) yang diberikan Presiden RI melalui Departemen Sosial. Kami berharap bantuan sembako tersebut dapat meringankan beban mereka," kata Happy.

Bantuan 500 paket sembako tersebut diterima secara simbolis oleh 20 orang perwakilan warga lansia di Taman Arsa, Pulau Untung Jawa. Mereka pun bisa bernafas lega.

Kegiatan kali ini mendapat bantuan dari Direktorat Polisi Air yang menyediakan kapal pengangkut sembako dari Dermaga Pol Air menuju Pulau Untung Jawa.

Selain itu, Pertiwi Indonesia juga dibantu oleh BAIS dan Kopasus dalam rangkaian kegiatan ini dengan menyediakan truk-truk besar sebagai alat transportasi pengangkut sembako.

"Kami berharap dapat terus membantu masyarakat dengan menyalurkan sumbangan seperti di Pulau Untung Jawa. Apalagi kita ketahui bersama bahwa DKI Jakarta merupakan daerah zona merah dengan jumlah kasus terbanyak. Jumlah terinfeksi virus Corona sudah mendekati angka 26.000 kasus. Kondisi ini jelas sangat memprihatinkan," papar Ketua Pertiwi  Indonesia Cabang DKI Jakarta, Lucy Chrysantina.

Pada acara tersebut, Pertiwi Indonesia menerapkan prosedur keamanan yang ketat. Seluruh peserta yang hadir diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Hal ini dilakukan untuk menghambat penyebaran dan penularan virus Corona.

Diketahui, perkumpulan Pertiwi Indonesia menyalurkan 22.000 paket sembako bantuan Presiden kepada masyarakat terdampak COVID-19.

Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Ke-75 Rl ini rencananya akan dilakukan secara bertahap dengan harapan dapat membantu masyarakat yang terdarnpak secara ekonomi.

Sebelumnya Pertiwi Indonesia telah menyerahkan bantuan serupa ke masyarakat di Bogor, Bekasi dan Tangerang Selatan. Penyaluran diprioritaskan pada masyarakat terdampak COVID-19 yang belum mendapat bantuan sama sekali.