Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19 dituntut lebih kreatif dalam memasarkan produknya, termasuk di berbagai jaringan pasar online yang kian menjamur. Hal itu dikarenakan saat ini masyarakat masih enggan keluar rumah di saat pandemi.

Agar mampu bersaing di pasar online, UMKM harus bisa menampilkan gambar produk yang menarik minat konsumen. Karena itu, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) II bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) memberikan pelatihan foto bagi seluruh mitra binaan UMKM.

Kegiatan yang diikuti oleh sembilan mitra binaan Region Sumbagsel dari Palembang, Lampung dan Musirawas tersebut menghadirkan Melly Sari sebagai narasumber.

“Melalui kamera smartphone, kita bisa berkreasi memaksimalkan peralatan yang ada, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kamera mahal seperti DSLR. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi pendukung editing foto yang mempermudah,” jelas Melly, pada Sabtu, 8 Agustus 2020.

Bagi Nesya, pemilik Barbershop Elmidas Barber, pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai sarana promosi. "Ternyata usaha barbershop pun bisa dipromosikan di akun media sosial, asalkan bisa mengemasnya," ujarnya.

Hal senada dirasakan Kiagus B. Fikri, pengusaha songket Fikri Koleksi. Baginya, salah satu ilmu yang didapat adalah memaksimalkan telepon genggam, sebagai sarana foto produk, sehingga bisa mendapatkan hasil gambar yang maksimal.

Region Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Sumbagsel Rifky Rakhman Yusuf menyampaikan, kegiatan itu sebagai upaya Pertamina dalam mendorong potensi ekonomi UMKM sebagai penggerak perekonomian bangsa.

"Pertamina terus mendukung mitra binaannya, dalam mengembangkan peluang bisnis dan pemasaran di masa pandemi, agar tetap eksis dan tahan banting,” pungkas Rifky.