Ridwan Djamaluddin resmi menjabat sebagai Dirjen Mineral dan Batubara (Minerba), Kementerian ESDM. Pelantikan Ridwan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif digelar secara terbatas di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Ridwan Djamaluddin menggantikan Bambang Gatot Ariyono yang telah pensiun. Sebelumnya, Ridwan menjabat sebagai deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) di bawah pimpinan Luhut Binsar Pandjaitan. 

Selanjutnya, Ridwan akan mengurusi sektor tambang emas, nikel, hingga batubara.

"Acara berlangsung di gedung Kementerian ESDM dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat," demikian keterangan resmi Kementerian ESDM.

Selain Ridwan, beberapa jabatan eselon I lainnya diisi oleh internal Kementerian ESDM. Antara lain adalah Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM yang kini dijabat oleh Eko Budi Lelono. Eko sebelumnya adalah kepala Pusat Survei Geologi, Badan Geologi.

Lalu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM diisi Prahoro Yulijanto Nurtjahyo. Sebelumnya dia adalah staf ahli Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur.

Untuk pejabat eselon II yang dilantik adalah Lana Saria yang ditetapkan sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara, Ditjen Minerba.