Mantan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terkait penahanannya oleh Bareskrim Mabes Polri. 

"Anita Kolopaking telah menandatangani berita acara penolakan penahanan karena tidak terima dengan penahanan yang dilakukan terhadap dirinya, dan kami sudah mendaftarkan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri terhadap upaya penahanan tersebut," kata kata pengacara Anita, Tito Hananta Kusuma, Minggu (08/09/2020).

Menurut Tito, Anita tidak perlu ditahan sebab kliennya bersikap kooperatif, tidak akan melarikan diri, dan tidak akan menghilangkan barang bukti.

"Tetapi kenapa penahanan tetap dilakukan? Jadi kami melakukan upaya praperadilan untuk menguji penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ibu Anita Dewi Kolopaking," ucapnya.

Terpusah, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempersilakan tim kuasa hukum Anita Kolopaking mengajukan praperadilan atas penahanan kliennya itu.

Listyo mengatakan, pihaknya akan menyiapkan tim untuk menghadapi. "Kalau memang ajukan praperadilan, akan disiapkan tim untuk menghadapi proses pra peradilan tersebut," ujar Listyo, Minggu (08/09/2020).