Pada titik tertentu sebagai orangtua, Anda akan terlibat dalam perdebatan tentang genetika versus pengasuhan. Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apakah anak Anda memiliki bakat alami untuk membaca atau karena mereka mengikuti program membaca setelah sekolah setiap hari.

Anda mungkin mempertanyakan apakah anak Anda fisikawan yang sukses karena genetika, atau karena Anda mendaftarkan mereka kursus setiap minggu.

Genetika versus pengasuhan adalah argumen kuno yang, sejujurnya, tidak memiliki satu aliran pemikiran. Beberapa orang percaya bahwa bakat alami (genetika) selalu berperan, sementara yang lain percaya bahwa lingkungan Anda (pengasuhan) yang menentukan individualitas Anda.

Dan kemudian ada orang yang percaya bahwa genetika dan pengasuhan memainkan peran yang menentukan dalam membentuk kepribadian, fisik, dan kecerdasan. Tetapi sebagai orangtua, Anda mungkin bertanya-tanya: Seberapa besar pengaruh yang sebenarnya Anda miliki terhadap keduanya?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gen menentukan ciri-ciri kepribadian. Studi terobosan Minnesota tentang anak kembar dari tahun 1990 menemukan bahwa kembar identik yang dibesarkan terpisah memiliki karakteristik yang sama seperti kembar identik yang dibesarkan bersama, yang berarti bahwa faktor genetik memengaruhi kecerdasan umum dan perbedaan psikologis.

Survei Universitas Minnesota tahun 2004 membuat klaim serupa. Dan studi Journal of Personality 2013 tentang anak kembar menemukan bahwa gen menentukan kebahagiaan. Secara khusus, faktor genetik dan mekanisme biologis yang mempengaruhi pengendalian diri, tujuan, agensi, pertumbuhan, dan interaksi sosial yang positif memperkuat kesejahteraan psikologis.

Tetapi penelitian lain dari dekade terakhir mengusulkan bahwa alam dan pengasuhan sama-sama berpengaruh. Pada tahun 2005, profesor sosiologi Guang Gao menegaskan bahwa kombinasi lingkungan dan gen menciptakan genetik-genetik manusia yang kompleks; tidak hanya genetika, seperti yang sering ditekankan oleh studi kembar tradisional.

Teori Gao didukung oleh penelitian terbaru dari University of Queensland; pada 2015, Dr. Beben Benyamin menemukan bahwa rata-rata kesehatan kita ditentukan 49 persen oleh genetika dan 51 persen oleh lingkungan kita. Lebih dari itu, jurnalis sains Inggris Matt Ridley menulis bahwa mengadu domba alam dan memelihara satu sama lain adalah "dikotomi yang salah". Sebaliknya, Ridley menyatakan, faktor lingkungan berperan dalam bagaimana gen kita berperilaku. Atau sederhananya: Tubuh kita bereaksi terhadap dunia luar.

Jadi seberapa besar pengaruh yang dimiliki orangtua? Banyak. Anak-anak secara alami cenderung memiliki karakteristik tertentu. Tidak diragukan lagi bahwa gen berperan dalam menentukan apakah anak Anda ceria, sangat frustrasi, atau tenang.

Tetapi gaya pengasuhan Anda dapat menentukan intensitas perilaku anak Anda, seperti halnya genetik anak Anda dapat menentukan cara Anda menjadi orangtua, menurut studi Clinical Child and Family Psychology Review 2011.

Ini logika melingkar: Studi tersebut menemukan bahwa pengasuhan yang negatif dapat memperburuk frustrasi, impulsif, dan pengaturan diri yang buruk pada anak Anda, sementara perilaku buruk tersebut dapat memicu gaya pengasuhan yang berbahaya. Hal yang sama berlaku untuk genetik positif dan gaya pengasuhan yang positif.

Sebuah studi Psikologi Perkembangan 1996 melihat korelasi antara anak-anak antisosial dan praktik orangtua angkat sampai pada kesimpulan yang sama. Studi tersebut menemukan bahwa, sementara genetik antisosial anak adopsi terkait dengan penyakit mental orangtua kandung, teknik pengasuhan wali angkat memengaruhi perilaku mengganggu penerima adopsi, dan sebaliknya.

Penelitian lain menunjukkan bahwa depresi ibu dapat berdampak negatif pada perkembangan perilaku dan emosional anak karena pengaruh genetik dan lingkungan.

Sebuah studi Psikolog tahun 1962 menyatakan bahwa bakat kreatif dapat berkembang melalui pengasuhan di sekolah. Pada tahun 2010, psikolog George W. Holden berteori bahwa keputusan sehari-hari orangtua dapat menentukan pertumbuhan dan kesuksesan anak di masa depan.

Seorang anak mungkin tumbuh menjadi pengacara yang sukses karena cara orangtua membimbing mereka melalui perkembangan, daripada jika mereka hanya memperkuat atau menghukum perilaku.

Dengan kata lain, gen anak Anda mungkin memberi mereka kecerdasan yang dibutuhkan untuk menjadi pengacara, tetapi cara Anda berinteraksi dengan mereka sebagai orangtua dapat menentukan kemajuan mereka.

Dalam lingkup yang lebih luas, geografi dapat memengaruhi genetik dan lingkungan kita. Setelah mempelajari 13.000 pasang anak kembar, para peneliti di Institut Psikiatri King's College London menyimpulkan pada tahun 2012 bahwa tempat mereka tinggal di Inggris secara langsung berkorelasi dengan sejauh mana genetik genetik mereka diekspresikan.

Salah satu contoh yang mereka berikan adalah bahwa anak Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena diabetes karena riwayat keluarga mereka, tetapi mereka mungkin tidak pernah mengembangkan penyakit jika mereka makan dengan sehat dan sering berolahraga.

Contoh lain adalah bahwa tinggal di daerah dengan konsentrasi serbuk sari yang tinggi dapat menyebabkan kecenderungan genetik anak Anda terkena alergi musiman, sedangkan daerah dengan serbuk sari yang rendah mungkin tidak. Dan Andalah orangtua yang menentukan di mana anak Anda tinggal.

Jangan meremehkan pengaruh Anda terhadap perkembangan anak Anda. Ya, memang benar bahwa genetika dapat menentukan apakah anak Anda memiliki bakat alami dalam matematika atau balet. Tetapi Anda sebagai orangtua akan membantu menentukan apakah mereka menjadi profesor matematika atau penari yang terlatih secara klasik.

Seorang anak mungkin atau mungkin tidak menyadari potensi mereka berdasarkan keputusan yang Anda buat dan perilaku orang yang berinteraksi dengan mereka. Tentu saja, akan selalu ada ketidaksepakatan di antara para ilmuwan tentang apakah genetika atau pengasuhan lebih berpengaruh. Tetapi cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pada kenyataannya, keduanya.