Memiliki anak usia 3 tahun akan merasa setiap hari seperti berada di rollercoaster dimana anak Anda mulai memiliki perubahan suasana hati yang dalam dan intens, dimana orangtua yang kelelahan dan letih hanya berusaha bertahan.

Mungkin beberapa dari orangtua memiliki anak usia 2 tahun yang sangat manis dan ceria, namun bisa saja itu berubah ketika mereka beranjak ke umur 3 tahun; satu menit anak Anda menggemaskan cerah dan manis; selanjutnya, berteriak, menangis atau menolak memakai kaus kaki. 

Mengapa usia tiga tahun begitu bergejolak, sehingga kadang-kadang disebut 'tahun ajaib', karena anak berusia tiga tahun dipenuhi dengan rasa penasaran, kemandirian dan banyak sekali pertanyaan. Anak-anak kecil ini sedang mengembangkan bahasa, ingatan, dan imajinasi mereka, dan ini adalah saat penemuan, ketika orang tua mulai melihat kepribadian anak mereka bersinar. Ini juga merupakan masa ketika anak-anak dan orang tua berjuang dengan ketidakpastian, harapan, dan penetapan batas, khususnya dalam situasi yang tidak pasti.

Pengasuhan yang penuh hormat bukanlah pengasuhan pasif. Orangtua perlu mengenali bahwa respons intens terhadap perilaku yang sesuai dengan perkembangan anak-anak mereka sering menjadi bumerang, sehingga penting untuk memberikan harapan yang jelas bagi anak-anak berusia tiga tahun yang mendambakan rutinitas.

Salah satu solusi yang mudah dilakukan adalah memberitahu anak Anda mengenai perubahan atau transisi dalam jadwal. Misalnya, akan sangat membantu untuk memberi tahu anak-anak bahwa Anda akan masak untuk makan siang, dan kemudian mengulangi pengumuman yang sama setiap beberapa menit, sehingga tidak ada kebingungan atau kejutan. Itu juga membantu untuk mengakui dan berempati dengan perasaannya yang besar.

Nasihat terbaik tentang mengasuh anak, pada tahap apa pun, adalah bahwa semuanya bersifat sementara, dan anak berusia tiga tahun dapat merupakan salah satu tahap di antaranya. Terkadang bertahan dan mengubah topik pembicaraan, mengarahkan kembali perilaku mereka, atau bahkan sekadar menunggu saja adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan.