Persaudaraan Alumni atau PA 212 mengklaim acara Apel Siaga Ganyang Komunis di Lapangan Ahmad Yani, Jalan Praja, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada hari ini akan diikuti ribuan orang.

"Khusus laskar, jawara, dan brigade kurang lebih ada lima ribuan orang," ujar Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin saat dikonfirmasi, Minggu, 5 Juli 2020.

Novel mengatakan apel ini akan digelar pada pukul 13.00 hingga 16.00. Sedangkan yang bertindak sebagai koordinator lapangan apel adalah Maman Suryadi.

Sedangkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus meminta para peserta apel siaga ganyang komunis untuk mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah karena masih masa PSBB transisi.

"Sekarang kan masih PSBB, protokol kesehatan wajib mereka ikuti, tidak ada ramai-ramai, bakar-bakar misalkan, pasti kita tangkap kalau begitu," ujar Yusri.

Corona Indonesia 5 Juli: 63.749 Kasus

Data positif Corona di Indonesia terus bertambah. Pemerintah kembali menyampaikan update jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia. Jumlah kasus positif baru corona masih terus bertambah.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers, mengatakan, update hingga Minggu (5/7) ada tambahan 1.607 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 63.749 kasus positif.

Dari update terbaru hari ini, jumlah yang sembuh bertambah 886 orang sehingga menjadi sebanyak 29.105 orang.

Sementara untuk jumlah yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 82 orang menjadi sebanyak 3.171 orang.

Jawa Timur masih mencatat penambahan kasus terbanyak yakni 552 orang. Namun Jatim juga mencatat angka kesembuhan sebanyak 154 kasus.

Sementara, DKI Jakarta mencatat kasus penambahan terbesar kedua yakni 257 kasus dan 286 sembuh.

Yurianto  mengatakan, Jawa Tengah berada di posisi ketiga penambahan terbanyak yakni 208 kasus dan 50 sembuh. Sulawesi Selatan mencatat penambahan terbanyak keempat 136 dan 95 sembuh, serta Jawa Barat berada di urutan kelima penambahan terbanyak 106 kasus dan 17 sembuh.

Saat ini BNPB mencatat 18 provinsi melaporkan penambahan kasus di bawah 10 dan ada tujuh provinsi yang hari ini mencatat tidak ada penambahan kasus sama sekali, seperti antara lain Aceh, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Gorontalo.