Isu reshuffle makin kencang berhembus. Beredar nama-nama menteri yang bakal dicopot Presiden Joko Widodo.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago ikut
menyoroti isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Ancaman reshuffle itu keluar langsung dari mulut Jokowi saat sidang kabinet paripurna.

Menurut Pangi, setidaknya ada tiga menteri yang diyakini akan selamat dari ancaman reshuffle karena dinilai memiliki kinerja baik. Ketiganya yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Nah, nama-nama itu bisa jadi yang dipercaya Jokowi sebagai menteri dengan kinerja baik," kata Pangi dikutip Minggu (5/7/2020).

Pangi menilai, saat ini Jokowi membutuhkan menteri yang bisa membuat gebrakan. Sementara tiga nama tersebut adalah menteri yang berkinerja baik, bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat, dan bukan sekadar populer.

"Ini parameternya kinerjanya benar-benar dirasakan publik," jelas analis politik ini.

Meski, tidak populer bukan berarti berkinerja tidak baik. Karena ada sebagian menteri yang memilih gaya bekerja senyap.

"Reshuffle perkara mudah bagi Presiden Jokowi. Sebagai kepala pemerintahan di periode terakhir, Jokowi dinilai mesti punya beban untuk membongkar pasang kabinet karena jelas parameternya adalah kinerja," Pangi menandasi.

Pengamat politik Hendri Satrio juga memiliki pandangan senada. Tiga nama menteri, seperti Prabowo, Basuki, dan Erick adalah menteri yang diyakini akan dipertahankan Presiden Jokowi.

"Kalau menurut saya yang bertahan itu Basuki karena dia simbol penjaga monumen Jokowi di bidang infrastruktur. Terus Erick Thohir juga saya rasa bertahan, gebrakan di BUMN-nya menurut saya disukai Jokowi. Pak Prabowo juga bertahan saya rasa," pungkas Hendri.