Isu perombakan kabinet yang beredar dalam beberapa hari terakhir ikut dikomentari parpol pengusung Jokowi. Salah satunya, PKB di bawah komando Muhaimin Iskandar. Menurut politisi PKB,Maman Imanulhaq terdapat tiga nama menteri yang dianggap kena reshuffle karena kinerjanya dinilai kurang baik.

Naman pertama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. "Nah kalau pun menteri-menteri yang harus diganti, sebenarnya publik sudah sangat tahu. Ada beberapa menteri yang pantas menjadi kiai malah jadi menteri. Menteri kesehatan maksudnya," katanya dalam diskusi daring bertajuk 'Menanti Perombakan Kabinet', Sabtu (4/7/2020).

Kedua, Maman menyinggung salah satu Kementerian yang mengajukan anggaran tambahan saat masa pandemi Corona atau Covid-19. Tetapi anggaran tersebut justru tidak menyentuh atau membantu warga terdampak pandemi.

"Bayangin ada Kementerian mengajukan anggaran tambahan di situasi pandemi, kita sisir programnya tidak satupun menyentuh pandemi. Saya sebutin Kementerian Agama. Kementerian Agama itu tidak punya sense of crisis pandemi," tegasnya.

Lalu yang ketiga adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. "(Yang pertama) Menteri kesehatan. Kalau saya melihat menteri agama lebih di programnya. Kalau yang lebih penting menteri kesehatan menurut saya. Menteri pendidikan itu harus sangat disadari bahwa belajar jarak jauh itu tidak menyelesaikan masalah, malah terjadi lost education," pungkas Maman.