Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengambil kebijakan yang tepat dan arah yang benar sehubungan dengan penanganan Covid-19. Termasuk stimulus di bidang perekonomian. 

PDIP siap pasang badan membela Jokowi dari kelompok-kelompok tertentu yang dinilai sengaja menyudutkan pemerintahan.

"Kami berikan dukungan penuh dan siap pasang badan bagi Presiden Jokowi di dalam penanganan Covid-19," ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto lewat keterangan tertulis, Kamis, (2/7/2020).

Bagaimana dengan adanya kelompok tersebut? PDIP akan menghadapi kelompok tertentu yang terus melalukan provokasi, memancing di air keruh, dan menganggu ketentraman masyarakat.

Menurut Hasto, Covid-19 merupakan masalah bersama. Seluruh lembaga tinggi negara, seluruh elemen pemerintahan negara wajib bekerja sama, dan menghilangkan ego sektoral.

"Seluruh jajaran kabinet Indonesia Maju harus berdiri di depan, memimpin orkestrasi pemulihan perekonomian nasional dengan skala prioritas pada pergerakan ekonomi rakyat."

Dukungan yang diberikan PDIP terhadap kebijakan pemerintah, kata Hasto, sangat serius. Skala prioritas kehidupan berbangsa saat ini adalah gotong royong menebar kebaikan, membantu rakyat. “Dan itulah yang terpenting," ujarnya.