Pemerintah terus mematangkan rencana membuka kembali aktivitas sosial ekonomi dengan protokol kesehatan yang ketat. Konsep new normal (kenormalan baru) ini akan diterapkan setelah langkah-langkah kebijakan disusun secara ketat.

Nantinya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, tatanan baru ini menjadi hal yang penting. Dia menilai new normal ini bisa dijadikan titik balik bagi Indonesia untuk membangun kembali perekonomian.

"Saya optimistis bahwa tatanan new normal akan beri hikmah lain terhadap ekonomi nasional," ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (2/6/2020).

Menurut Budi Karya, pihaknya kini menyiapkan regulasi dan protokol di sektor transportasi untuk menyongsong tatanan baru ini. Dalam merumuskan kebijakan ini, pemerintah bahkan menggandeng beberapa pergururan tinggi negeri ternama.

"Kemenhub melalui badan litabang bekrjasama perguruan tinggi agar jadi kunci utama terhadap mitigasi dampak pandemi dalam tatanan kehidupan baru," ucapnya.

Budi menegaskan, pemerintah juga akan menyesuaikan dengan data yang didapat dari lapangan. Tujuannya agar penerapan tatanan baru ini bisa terhindar dari masalah baru lainya seperti gelombang kedua penyebaran corona.

"Tatanan baru mendukung keberlangsungnan bangsa Indonesia agar tidak terpuruk dari masalah baru lainnya," jelasnya.