Indonesia diramal akan selamat dari resesi ekonomi akibat virus corona.Demikian riset media asal AS, Politico yang memberikan ranking kepada 30 negara terkait dampak pandemi kepada ekonomi.

Diketahui, resesi ekonomi merupakan kondisi dimana Produk Domestik Bruto (PDB) sebuah negara mengalami kontraksi dalam dua kuartal berturut-turut.

Politico melansir kinerja 30 negara terkemuka di dunia dengan mengelompokkannya berdasarkan hasil kinerja di sektor kesehatan dan ekonomi. Mereka menyoroti pembatasan perdagangan, pembatasan interaksi sosial ringan, sedang, atau berat setiap negara.

Hasilnya, Indonesia masuk dalam kategori negara-negara dengan pembatasan ringan. Kategori ini memungkinkan sebagian besar bisnis, kantor, dan sekolah tetap buka, namun dengan kapasitas yang berkurang.

Untuk acara besar memang telah dibatasi serta penerapan syarat tambahan untuk bisnis yang tetap beroperasi. Meskipun demikian, riset Politico juga mengamati langkah Indonesia dalam menangani penyebaran Covid-19. Mereka menilai penanganan Covid-19 oleh Indonesia sangat kacau.

"Indonesia berpotensi terhindar dari resesi, namun respons Indonesia terhadap virus corona pada 17 ribu pulaunya telah kacau," tulis Politico dikutip Senin (1/6/2020).

Politico juga menyoroti penyebaran Covid-19 yang masif di DKI Jakarta. Apalagi di tengah penyebaran itu, pemerintah hanya melakukan pembatasan aktivitas masyarakat secara ringan.

Kebijakan itu kata mereka bisa berpotensi meningkatkan penyebaran virus. Politico mengutip Reuters juga menyebut jika sistem pendataan kematian Indonesia akibat corona juga rendah.

"Tingginya tingkat perokok di negara tersebut menunjukkan populasi yang rentan," tulis Politico.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Pieter Abdullah juga mengamini Indonesia berpeluang terlepas dari resesi ekonomi. Dengan catatan, penanganan Covid-19 berjalan maksimal.

"Kemungkinan bisa diwujudkan apabila tidak ada second wave wabah setelah diberlakukannya pelonggaran ekonomi atau new normal," ucapnya.