Ada warning dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa virus corona tidak akan musnah dari muka bumi. Sama halnya seperti HIV yang tidak akan selesai dan bisa hilang dari dunia.

COVID-19 tak akan pergi, sehingga populasi di dunia mau tak mau harus belajar hidup bersama virus corona. Seperti halnya harus waspada terhadap HIV.

Hal itu dikatakan pakar kegawatdaruratan WHO, Mike Ryan, seperti dikutip dari SCMP. Ryan menjelaskan, bedanya dengan kasus HIV adalah pada cara penularannya. Penularan HIV relatif bisa ditekan.

Sedangkan, virus corona penularannya lebih susah ditekan lantaran memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat.

Bahkan, berada di dekat pasien corona meskipun dengan proteksi, juga masih berisiko tinggi tertular jika kita lalai.

WHO menyebutkan, dalam kasus virus corona, angka pandemi setiap hari terus bertambah. Angka kematian di dunia akibat virus corona kini sudah tembus hampir mencapai 300 ribu jiwa.

Permasalahan lainnya yang ditimbulkan dari virus corona adalah penanganannya. Baik dengan cara pembatasan sosial maupun lockdown yang imbasnya ke perekonomian negara.

Ryan menambahkan, hal tersebut membuat negara berada di posisi yang serba salah. Karena, negara dihantam dua oleh krisis sekaligus, yaitu kesehatan dan krisis ekonomi.

Apabila ekonomi tidak diselamatkan, maka efek buruk lainnya sudah menanti. Tetapi, jika ekonomi segera dipulihkan, maka risiko penularannya masih tinggi.

Kasus Corona di Rusia dan AS

Ryan menyinggung kasus yang terjadi di Rusia, negara tersebut memiliki penambahan hingga 10 ribu kasus pasca pemerintahnya melonggarkan larangan.

Bahkan pmerintah Rusia sudah membolehkan masyarakatnya untuk kembali bekerja. Akibatnya, negara tersebut kini naik ke posisi kedua sebagai negara yang memiliki kasus corona paling banyak di dunia.

Sedangkan, Amerika Serikat (AS) mencatat ada 1.813 korban jiwa per hari. Menurut data Johns Hopkins Universiy, total korban jiwa per Rabu kemarin mencapai 84.106 korban jiwa.

Ryan menegaskan, untuk bisa menurunkan kewaspadaan terhadap virus corona, dunia masih butuh jalan panjang.

Ia pun mengingatkan bahwa pengembangan vaksin corona tidak akan menjamin bisa mengalahkan virus tersebut.

Menurut WHO, kata Ryan, bukannya berkurang, virus corona bahkan diproyeksi justru malah semakin berkembang. Dengan demikian, virus tersebut tidak akan pergi.

Seperti kita tahu, saat ini banyak yang bertanya kapan virus corona akan selesai dan pergi dari muka bumi ini?

Kini jawabannya sudah jelas, WHO mengatakan bahwa virus corona tidak akan musnah, dan tidak akan beres dari dunia.