Unggahan foto tenaga medis dengan tagar `Indonesia Terserah` ramai di media sosial. Tagar tersebut sempat menjadi Trending Topic di Indonesia.

Adapun topik atau tagar itu muncul sebagai bentuk kekecewaan dan protes tenaga medis terhadap kondisi Indonesia di tengah pandemi Covid-19 saat ini.



Saat ini, yang terjadi yakni kekhawatiran di dunia medis. Pasalnya dengan adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) artinya peluang penyebaran virus corona dapat meningkat lagi.



Pelonggaran itu kentara terlihat pada sektor transportasi, yakni dengan kemudahan sejumlah akses transportasi, mulai dari darat dengan operasional bus AKAP, kereta api hingga pesawat terbang.

Diketahui, salah satu pemicu tagar `Indonesia Terserah` adalah tangkapan gambar kondisi Bandara Soekarno Hatta (Soetta) yang disesaki penumpang beberapa hari lalu dan ramai di media sosial.



Padahal, saat ini sejumlah daerah sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara gambar itu menunjukkan gambar penumpang yang tidak menerapkan physical distancing. 

Sebelumnya, di media sosial juga sempat ramai dibicarakan soal kerumunan orang di hari terakhir McDonald's Sarinah.



Dengan kondisi itu, banyak warganet yang lantas meluapkan kekesalannya. Beberapa di antara cuitan itu secara khusus menaruh perhatian pada petugas medis yang masih terus berjuang membantu di tengah pandemi Covid-19.

Entah karena rasa frustasi tenaga medis terhadap wabah yang tak kunjung usai, atau kesal karena sikap pemerintah dan masyarakat yang terkesan abai dengan virus mematikan ini.

Namun yang jelas, jika ingin wabah cepat berakhir maka dibutuhkan kerja sama dari semua pihak.