Jagat media sosial diramaikan dengan munculnya tagar #LuhutIsTheRealPresident sebagai buntut kekecewaan atas sikap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menolak Jakarta di-lockdown.

Pantauan media, Selasa (31/03/2020), tagar tersebut menduduki posisi teratas sebagai topik terpanas di Twitter. Setidaknya ada lebih dari 6 ribu cuitan menggunakan tagar tersebut memenuhi linimasa.

Luhut disebut banyak warganet sebagai presiden Indonesia sesungguhnya, bukan Joko Widodo (Jokowi).

Pasalnya, Luhut telah mengumumkan menolak memberlakukan lockdown di ibu kota negara, bukan Jokowi.

Dalam konferensi video, Luhut secara tegas menolak lockdown Jakarta. Ia beralasan Indonesia tak mengenal istilah lockdown.

Menurut Luhut tak semua negara berhasil melakukan kebijakan lockdown untuk menekan penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19. Dia menilai hanya China yang berhasil melakukan hal tersebut.

Tak hanya itu, Luhut yang kini juga menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan meminta agar warga tidak mudik ke kampung halaman. Namun, di lain sisi ia membatalkan aturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang melarang pengoperasian bus AKAP dari Jakarta yang dipakai sejumlah pemudik.

Sikap Luhut tersebut membuat publik merasa heran. Berbagai protes tajam ditujukan kepada Luhut.

Tak sedikit pula warganet yang menyindir Luhut sebagai presiden sesungguhnya. Sebab, Luhut dinilai lebih berkuasa dan memiliki kekuatan dibandingkan Jokowi yang menjadi presiden sesungguhnya.

"Manusia merencanakan, Luhut menentukan hehe," kata @sitaopek.

"Lord Luhut bersabda," ujar @stevaniehuangg.

"Siapa bilang #LuhutIsTheRealPresident, presidennya tetap pak Jokowi, LBP itu atasan presiden doang," ungkap @naolivivia_

"Luhut datang semua batal," tutur @anaswongkamfung.