Dalam rangka pencegahan pencemaran virus corona (covid-19), Menteri Dalam Negeri minta daerah mengoptimalisasi penggunaan APBD untuk penanganan covid 19. Termasuk menyediakan anggaran untuk kebutuhan rumah sakit dan pengadaan alat kesehatan.

“Optimalisasi penggunaan APBD dengan memprioritaskan untuk antisipasi dan penanganan dampak penularan covid-19 antara lain untuk kebutuhan rumah sakit daerah, pengadaan masker, hand sanitizer dan thermal gun yang sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan,” ujar Mendagri Muhammad Tito Karnavian melalui Surat Edaran yang diterima Dinas Kominfo Kepri, Kamis (26/3).

Optimalisasi APBD tersebut dapat dilakukan melalui revisi anggaran dengan cara menjadwalkan ulang capaian program dan kegiatan. Diantaranya pengurangan biaya rapat atau pertemuan dan biaya perjalanan dinas.

Saat ini memang penyelenggaraan rapat atau pertemuan ditiadakan. Sedangkan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan orientasi dilaksanakan melalui system pembelajaran jarak jauh (e-learning), dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

Sedangkan pertemuan atau rapat penting yang harus dihadiri kepala daerah maupun DPRD, dapat menggunakan teleconference atau video conference. Surat Edaran nomor 440/2436/SJ tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Daerah ini, diberlakukan sampai dengan 31 Maret mendatang.