Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., memberikan 5 arahan kepada Jajaran Kementerian Perhubungan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan ada lima arahan yang disampaikan Luhut melalui video call confference yang berlangsung kemarin, Minggu (15/03/2020).

Lima arahan LBP - begitu dia biasa dikenal - selaku Menteri Perhubungan Ad Interim tersebut antara lain:

Jajaran Kemenhub segera mendata individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi virus COVID-19 untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan. Sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub agar segera dimulai selama 2 (dua) hari ke depan.

Untuk sementara tidak ada perjalanan dinas pejabat dan pegawai Kemenhub ke luar negeri.

Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perkeretaapian diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari. Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah. Diharuskan ada sosialisasi publik/pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala (symptom) Corona dan himbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan, serta himbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit.

Jajaran Kemenhub agar memastikan arus transportasi logistik tetap lancar utamanya untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengonfirmasi salah satu menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, positif menderita COVID-19. Konfirmasi itu disampaikan Jokowi dalam keterangan pers terkait perkembangan penyebaran Covid-19 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

"Salah satu menteri kami terinfeksi positif COVID-19," ujarnya.

Menurut Jokowi, langkah antisipatif sudah dilakukan. Salah satu langkah adalah pengetesan kepada para menteri yang diketahui mengikuti rapat terbatas 11 Maret lalu.