Pasangan Prabowo-Puan dinobatkan sebagai pasangan tidak terkalahkan di Pilpres 2024. Dengan elektabilitas 32,1 persen, pasangan Anies-Sandi (29,8 persen) menempel ketat hanya terpaut sekira 2 persen.

"Paket Prabowo-Puan diperkirakan menjadi kandidat kuat yang bakal diusung koalisi PDIP-Gerindra," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK di Jakarta, Rabu (11/3).

Artinya, Prabowo-Puan mendapat tantangan dengan menguatnya elektabilitas baik Anies maupun Sandi. Jika dipasangkan, kekuatan Anies-Sandi mampu mengganjal elektabilitas Prabowo-Puan. 

Namun yang mengejutkan datang dari formula pasangan Erick Thohir. Jika Menteri BUMN dipasangkan dengan AHY mendapat elektabilitas 10,3 persen. Sedanglan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil hanya (7,3 persen), dan terakhir Airlangga Hartarto-Khofifah (3,7 persen).



"Selain Prabowo, di antara menteri Jokowi yang paling bersinar adalah Erick Thohir, terlihat dari tingginya elektabilitas capres maupun ketika dipasangkan," tutur Okta.

Survei CPCS dilakukan pada 20-29 Februari 2020, dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Metode survei dilakukan secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.