Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengaku kaget. Ternyata, banyak ASN/PNS yang melakukan hubungan sesama jenis. Namun, Tjahjo enggan menjelaskan ASN di instansi mana saja yang melakukan seks menyimpang tersebut. Hanya saja, dia mengaku tahu ada ASN yang melakukan hubungan seks sesama jenis dari beredarnya foto dan video.

"Kita cek satu persatu muncul 2 orang yang didukung data foto dan video. Dia menggunakan seragam Korpri yang satu pakai seragam instansi yang bersangkutan," kata Tjaho di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Menurut Tjahjo, sikap ASN tersebut udah mencemarkan nama baik. Sehingga harus diberikan sanksi ke mereka yang melanggar. "Nah ini mencemarkan nama baik instansi baru kita berikan sanksi," ucapnya.

Masalahnya, Tjahjo mengaku bingung menjatuhi hukuman pada ASN yang ketahuan berhubungan sesama jenis. "Saya kemarin harus memutuskan pegawai negeri yang diusulkan kementerian, lembaganya harus diberi sanksi mohon maaf karena dia berhubungan sesama jenis. Ini kan enggak ada aturannya bingung, toh banyak sekali ternyata," katanya.

Walau begitu, Tjahjo tetap akan memberikan sanksi berat ke ASN yang melanggar aturan.

"Menyangkut yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap di pengadilan korupsi apapun ikut serta membantu ya itu risiko. Itulah kami sempat ribut KPK, karena ada sekian ratus ASN yang belum diberhentikan," kata dia.