Jika sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kerap panen kritikan akibat dinilai lambat mengatasi banjir Jakarta, kali ini Anies justru mendapat pujian. Bahkan, pujian itu dilontarkan oleh salah satu orang terkaya di Indonesia, yakni Dato Sri Tahir.

Bos Mayapada yang juga dipercaya Presiden Jokowi sebagai anggota Wantimpres tersebut malah mengaku kaget betapa cepatnya Anies mengatasi banjir Jakarta. Kesimpulan itu dibuat Tahir setelah mendapat penjelasan langsung dari Anies.

"Penanganan banjir Jakarta di bawah Bapak Gubernur, Pak Anies, saya kira tidak kalah dari gubernur-gubernur yang sebelumnya," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Tahir menyampaikan hal tersebut saat bertemu Anies untuk menyerahkan bantuan 210 gerobak dan 20 booth UMKM.

Menurut Tahir, penjelasan Anies soal penanganan banjir ternyata berbeda jauh dengan informasi yang diperolehnya dari media sosial.

"Jadi Bapak Gubernur menjelaskan penanganan soal banjir, dan saya juga agak surprise, agak lain dengan yang dikatakan media sosial bahwa gubernur Jakarta tidak baik menangani banjir, itu I think it's wrong" jelasnya.

"Setelah Bapak Gubernur menjelaskan, saya sangat-sangat surprise bahwa ternyata masa surutnya banjir itu jauh lebih cepat dari gubernur sebelumnya, which is (yang mana) saya pribadi," tambah Tahir.

Sebelumnya survei dari Indo Barometer menyebutkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi pemimpin daerah paling berhasil mengatasi permasalahan banjir. Persentase Ahok mengalahkan Anies Baswedan.