Indeks Dolar Tak Bergerak, Rupiah Bisa Kandangkan Dolar AS di Rp13.900-an

Kabar menggembirakan kini datang dari pasar valuta, di mana gerak indeks Dolar AS yang terlihat masih sulit untuk bengkit lebih lanjut. Pantauan terkini menunjukkan, posisi indeks Dolar AS yang bertengger di kisaran 97,64 pada penutupan sesi perdagangan beberapa jam lalu.

Gerak indeks Dolar AS yang mencerminkan posisi nilai tukar mata uang Dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama dunia itu, dengan demikian tak terlalu beranjak dari posisi penutipan akhir pekan lalu ketika tersokong oleh sentimen rilis data ketenaga kerjaan AS terkini yang gemilang.

Dengan trak bergeraknya posisi indeks Dolar AS,  prospek nilai tukar mata uang Rupiah kini bisa menatap cerah dalam menjalani sesi perdagangan hari kedua pekan ini, Selasa (10/12). Untuk dicatat, pada sesi perdagangan kemarin, Rupiah yang telah mampu membukukan gerak penguatan konsisten di sepanjang sesi perdagangan.

Rupiah bahkan kemudian mampu menutup sesi dengan bertengger di kisaran Rp14.000 per Dolar AS. Dengan pola gerak indeks Dolar AS yang masih sulit untuk bangkit lebih lanjut, Rupiah di sesi hari ini diyakini akan mampu untuk setidaknya mengandaskan Dolar AS  di kisaran Rp13.900-an.

Meski demikian,  penguatan Rupiah hingga mengandangkan Dolar AS di kisaran Rp13.900-an diyakini akan sulit untuk bertahan dalam waktu lama.  Sebagaimana dimuat dalam sejumlah ulasan teknikal sebelumnya, Rupiah hanya mampu untuk mengandaskan Dolar AS di kisaran Rp13.900-an secara temporer.