Bisnis Gibran baru saja mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures

Putra sullung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan akan fokus di dunia politik. Salah satunya dengan mengikuti pemilihan wali kota Solo pada 2020.

Mengenai bisnis yang dikelolanya, Gibran mengaku akan menyerahkan ke adiknya, Kaesang Pangarep. Gibran menilai Kaesang mampu mengurus bisnis kuliner lantaran telah menamatkan kuliahnya di Singapore Institute of Management University.

"Ya, kalau yang namanya bisnis kan bisa dijalankan orang lain. Sekarang kan Kaesang sudah lulus, sudah bisa saya delegasikan ke Kaesang, minggu depan dia lulus. Sebagian besar akan di-manage oleh Kaesang," kata Gibran di Jakarta Culinary Feastival, Minggu (6/10).

Setelah menyerahkan bisnis ke Kaesang, Gibran menyatakan akan fokus ke dunia politik. "Iya, seharusnya begitu," ujar Gibran menjawab pertanyaan media yang menanyakan apakah akan fokus di dunia kuliner.

Meski menyatakan akan fokus ke dunia politik, Gibran enggan menjelaskan detail rencana pencalonannya untuk menjadi Wali Kota Solo. "Iya, entar saja, belum waktunya. Pilkada kan masih lama," ucap Gibran.


Deretan Bisnis Gibran

Gibran memulai bisnis pada Desember 2010 dengan usaha katering Chili Pari. Bisnisnya pun berkembang, tak heran ia dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Gibran juga mendirikan House of Knowledge untuk melatih karyawan-karyawan lepas katering Chilli Pari, khususnya dalam berbahasa Inggris.

Setelah itu, ia bersama Kaesang membuka bisnis baru yakni Markobar. Markobar merupakan kafe yang menyediakan menu berbagai macam jenis martabak. Kini, Markobar ada di beberapa kota di Tanah Air.

Gibran juga punya bisnis lain di bidang reparasi khususnya untuk produk kenamaan Apple. Bisnis ini ia beri nama Icolor dengan konsep jemput bola ke pelanggan.

Selanjutnya, Gibran juga turut meramaikan pasar e-commerce dengan menjual jas hujan bermerek Tugas Negara Bos. Jas hujan ini dijual hanya secara online lewat sejumlah aplikasi belanja online.

Bukan hanya itu, Gibran dan sang adik menggandeng chef ternama Arnold Poernomo untuk berbisnis. Ketiganya, membuka restoran Mangkok Ku yang belokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.

Belum selesai, kedua putra Presiden Jokowi tersebut kemudian memperkenalkan produk makanan lewat brand 'Siap Mas'. Siap Mas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

Selain katering, martabak, merchandise, restoran hingga keripik, pria kelahiran 1 Oktober 1987 ini juga punya startup kuliner bernama Goola. Goola punya produk minuman tradisional khas Indonesia seperti es doger yang dikemas lebih modern.

Baru-baru ini startup tersebut mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. Dengan suntikan modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran bakal merealisasikan target menjadi market leader di Indonesia dengan gerai di kota-kota besar dan kecil, serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara tahun depan.