BIN sudah sejak awal mendeteksi potensi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. 

Badan Intelijen Negara mengklaim telah mengetahui aktor yang berada di balik kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Hal itu diketahui usai BIN melakukan pemetaan.

"Siapa bermain, siapa itu sudah ada pemetaan," ujar Juru bicara BIN Wawan Purwanto, Rabu (21/8).

BIN telah melakukan antisipasi agar ketegangan di Papua dan Papua Barat mereda. BIN sudah sejak awal mendeteksi potensi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. 

"Hanya memang ini kan kita semua itu harus menahan diri lah artinya tidak gegabah. Baik itu statement maupun juga langkah-langkah hukum. Semua ini kan ada sensitivitas," ujarnya.

Di sisi lain, Wawan menyebut persoalan yang menyangkut SARA lebih cepat menjalar. Sehingga, ia berkata perlu kehati-hatian dalam merespon persoalan tersebut, salah satunya dalam membuat pernyataan.

"Kalau sedang panas berkomentar, pasti komentarnya itu emosional. Kalo sudah emosional itu interpretasi kurang, bisa bermacam-macam," ujar Wawan. 

"Maka cooling down itu penting karena ini sebenarnya kan kesalahpahaman. Kesalahpahaman memaknai ada satu tindakan," ujarnya.

Lebih dari itu, Wawan menyampaikan BIN telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait yang menangani kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

"Apalagi dalam suasana yang sedang on begini kami melakukan koordinasi," pungkasnya.